Pages

Wednesday 22 February 2012

Tugas Sekolah : Negara Filiphina


FILIPHINA



1.Letak

Letak astronomis Filiphina berada di antara 116° 40' dan 126° 34' BT, dan 4° 40' dan 21° 10' LU

2.Luas

Luas total daratan Filiphina diperkirakan 400.440 km²

3.Batas Negara

Bata-batas Filiphina adalah : Di utara berbatasan dengan Taiwan, Di selatan berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Indonesia, Di barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Vietnam, Di timur berbatasan dengan Republik Palau


4.Keadaan alam

Filipina merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak gunung   api
sebagai rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik. Kondisi tanah yang subur sangat menunjang kegiatan agraris yang meliputi bidang pertanian (berupa padi, jagung, dan abaca atau serat manila), bidang perikanan dan kehutanan (hampir separuh wilayah daratannya berupa hutan). Selain itu sungainya yang pendek-pendek dengan aliran yang deras dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.


5.Iklim

Filiphina adalah Negara yang memiliki iklim Tropis (panas).
Suhu rata-rata di Filiphina adalah 25°C


6.Flora-fauna











7.Keadaan penduduk

Jumlah penduduk filiphina 92,200,000 jiwa pada tahun 2009,       angka
harapan hidup penduduknya adalah 69,29 tahun; 72,28 untuk wanita dan 66,44 untuk pria. Pertumbuhan penduduk pertahunnya 2.1%. Suku bangsa : Filipina, Melayu, Spanyol, campuran antara Melayu-Spanyol, dan Moro Negrito.

8.Kegiatan ekonomi

Filipina terkenal dengan pertanian padi bukitnya, yang diperkenalkan kira-kira
2.000 tahun lalu oleh suku Batad. Padi-padi bukit tersebut terletak di lereng-lereng Gunung Ifugao dan berada di ketinggian 5.000 kaki . Pada 1998 ekonomi Filipina, sebuah campuran dari pertanian, industri ringan, dan jasa pendukung; mengalami kemunduran sebagai akibat dari krisis finansial Asia dan cuaca yang buruk. Pertumbuhan jatuh ke 0,6% pada 1998 dari 5% pada 1997, tetapi kembali ke sekitar 3% pada 1999, dan 4% pada 2000. Strategi yang dilakukan termasuk peningkatan infrastruktur, merombak sistem pajak untuk menambah pendapatan pemerintah, juga deregulasi dan penswastaan ekonomi, dan meningkatkan integrasi perdagangan di wilayah sekitar. Prospek masa depan sangat tergantung dari performa ekonomi dari dua partner dagang utama, Amerika Serikat dan Jepang, dan administrasi yang lebih tepercaya dan kebijakan pemerintah yang konsisten.

9.Kerjasama

Filipina merupakan anggota aktif dari PBB sejak penerimaannya pada 24
Oktober1945. Filipina juga merupakan negara pendiri ASEAN, dan merupakan pemain aktif dalam APEC, Uni Latin dan  anggota dari Grup 24. Filipina juga merupakan sekutu Amerika Serikat, tetapi juga merupakan anggota dari Gerakan Non-Blok.



10.Lain-lain    

·        Nama resmi                  : Republika Philipinas
·        Ibukota                        : Manila
·        Kepadatan penduduk   : ± 220 jiwa/km²
·        Agama                         : Katolik (85%), Kristen (5%), Islam (4%), dan agama                            lainnya (6%).
·        Mata uang                    : Peso
·        Pendapatan perkapita   : $ 3,400
·        Bahasa                         : Tagalog, Inggris, dan Spanyol
·        Lagu kebangsaan          : Lupang Hinirang (Tanah Air yang Dicintai)
·        Kemerdekaan              : 12 Juni 1946 (bekas jajahan Spanyol dan Amerika                                            Serikat) dan diakui secara de facto oleh Amerika                                                 Serikat pada tanggal 4 Juli 1946.

·        Budaya             :
Kebanyakan masyarakat Filipina gemar menyanyi serta menari pada setiap kali pesta keramaian. Tarian bambu ini memerlukan pergerakan kaki yang cocok.
Bahay Kubo merupakan rumah tradisional yang terkenal di Filipina, yang dibuat dari daun kelapa, nipah, dan bambu. Terdapat tanglung berbentuk bintang yang digantung di hadapan rumah yang bernama Parol. Semasa Natal, kebanyakan masyarakat di sana gemar menjadikan parol sebagai hiasan rumah mereka.
Organ bambu ini menggunakan lebih kurang 1.000 batang bambuh. Konon ini adalah satu-satunya organ yang dibuat dari bambu di dunia.

===========================
Buat Para COPASER Wajib Klik Disini
Jangan Lupa Sertakan Sumber
===========================

0 comments:

Post a Comment

HARAP BERI KOMENTAR
KOMENTAR ANDA SANGAT BERARTI BAGI BLOG INI

Baca Juga

 

Chat

Daftar Pengunjung "FEEDJIT"